Isi pulsa lebih penting daripada yang lainnya

Saya pernah baca suatu berita online beberapa bulan yang lalu.  Sangat sungguh mengejutkan bahwa ternyata di Indonesia adalah consumer gadget terbesar di asia tenggara.  Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak dan padat ternyata Indonesia adalah sasaran pasar yang paling empuk bagi para produsen gadget terutama alat komunikasi seperti Hand Phone. 

Berbagai merk dan type hand phone yang dilempar ke pasar Indonesia pasti akan selalu laris manis, padahal beberapa alat komunikasi di negara asal produsennya sendiri adalah termasuk produk yang tidak laku.

Yang lebih mengejutkan lagi adalah dari cerita salah satu temanku.  Dia menceritakan tentang seorang pelayan warung makan yang tanpa sengaja terlibat dalam perbincangan ringan, salah satu pertanyaan yang dilontarkan temanku adalah “sebulan kamu bisa habis berapa untuk beli pulsa, mbak?” Dia jawab ” bisa Rp. 200 ribu – 250 ribu, bisa repot saya kalau nggak ada Ha-pe”….wahhh…itukan nilai yang cukup besar jika dibandingkan dengan penghasilannya yang mungkin tidak mencapai Rp. 1 juta/bulan. 

Ini hampir 25% sendiri spending mereka untuk komunikasi, mungkin kalau dilihat lebih jauh isi dari komunikasinya juga lebih banyak ke obrolan pertemanan, pacar, atau nge-net ke jejaring sosial yang sekarang lagi nge-trend seperti facebook dan twitter.   Bayangkan kalau ternyata berjuta-juta orang seperti ini, betapa cepat kayanya perusahaan telco dan alat2 komunkasi kita. Ini baru penafsiranku tentang pengalaman temanku di atas. 

Namun bisa jadi kalau dilihat lagi, si mbak pelayan itu punya penghasilan lain yang kita tidak tahu, sehingga dia mampu menghabiskan 25% sendiri gajinya hanya untuk isi pulsa.  Wallahualamfisawab…

Tentang liahibatha

NPM : 28210018
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s